Profile Kejari Basel

No comment 1113 views

Sejarah Kejaksaan Negeri Bangka Selatan.

Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dibentuk pada tanggal 25 Februari 2003 berdasarkan Undang-Undang Nomor R.I. Nomor 5 Tahun 2003, bersama-sama dengan pembentukan Kabupaten Bangka Selatan, dibentuk pula Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Barat dan Belitung Timur. Wilayah Kabupaten Bangka Selatan terletak di bagian selatan di Pulau Bangka. Secara administratif wilayah Kabupaten Bangka Selatan berbatas-an langsung dengan daratan wilayah kabupaten/kota lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu dengan wilayah Bangka Tengah, Kota Pangkalpinang, dan Kabupaten Bangka. Pembentukan Kabupaten Bangka Selatan tidak semata-mata karena kebutuhan pengembangan wilayah provinsi, tetapi juga karena keinginan masyarakat di dalamnya, serta upaya untuk mempercepat pembangunan daerah dan terciptanya pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien. Kejaksaan Negeri Bangka Selatan dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2008 bersamaan dengan Pembentukan Kejaksaan Negeri Paringin, Kejaksaan Negeri Koba, Kejaksaan Negeri Labuan Bajo, Kejaksaan Negeri Lasusua, Kejaksaan Negeri Daik Lingga, Kejaksaan Negeri Sekadau, Kejaksaan Negeri Simpang Tiga Redelong dan Kejaksaan Negeri Tigaraksa. Berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor : KEP-349/A/JA/05/2016 tanggal 13 Mei 2016, Kejaksaan Negeri Toboali mengalami perubahan nomenklatur menjadi “KEJAKSAAN NEGERI BANGKA SELATAN”.

Struktur dan Jumlah Pegawai.
Berdasarkan Peraturan Jaksa Agung R.I. Nomor : 006/A/JA/07/2017 tanggal 20 Juli 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kejaksaan Republik Indonesia bahwa Kejaksaan Negeri Bangka Selatan adalah termasuk ke dalam Kejaksaan Negeri tipe B yang terdiri dari :
– Kepala Kejaksaan Negeri ( Safrianto Zuriat Putra, S.H., M.H. );
– Subbagian Pembinaan ( Adham Ardhytia Manggala, S.H. );
– Seksi Intelijen ( Dody Prihatman Purba, S.H. );
– Seksi Tindak Pidana Umum ( Denny, S.H. );
– Seksi Tindak Pidana Khusus ( Mgs. Rudy Apriansyah, S.H. );
– Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara ( Kurniawan Harahap, S.H. );
– Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan ( F. Oslan Parningatan, S.H. )
Jumlah pegawai 22 (dua puluh dua) orang yang terdiri dari 10 (sepuluh) orang Jaksa dan 12 (dua belas) orang pegawai tata usaha serta dibantu oleh tenaga honorer sejumlah 10 (sepuluh) orang.

author
No Response

Leave a reply "Profile Kejari Basel"